Home » » Pemilihan anggota Dewan Kabupaten

Pemilihan anggota Dewan Kabupaten

Pada tanggal 14 september 1948 di Loemadjang telah diadakan pemilihan anggota Dewan Kabupaten dan untuk kabupaten lain di Jawa timur pelaksanaannya tidak saman. Bagi mereka yang bisa baca tulis tentunya tidak akan repot untuk memilih para calon mereka, namun bagi yang buta huruf (pada jaman segitu pasti sangatlah besar) disediakan bili khusus yang dilengkapi dengan sebuah tanaman yang sesuai dengan milik para calon, sehingga sang pemilih tinggal mencocokkan tanaman itu saja.nampak antusias warga Loemadjang dalam pemilihan anggota dewan sampai duduk-duduk kepanasan mereka tetap semangat tuk menyalurkan aspirasinya (kira2 ga ada istilah GOLPUT ya dijaman dahulu)

teks asli

Verkiezingen Regentschapsraad Lumadjang (Oost-Java) op 14 september 1948: een kiezer betreedt het stemhokje

 "Bijschrift ""Te Loemadjang had op 14 september 1948 de verkiezing plaats van de leden van de Regentschapsraad. Voor alle andere regentschappen van Oost-Java gebeurde dit de volgende dag. Voor hen, die het lezen en schrijven niet machtig zijn, werd een bijzondere regeling in het leven geroepen, om hun stem op geldige wijze uit te brengen. Daartoe waren de in het stemhokje gelde bussen voorzien van een voor de kiezer bekend landbouwgewas, terwijl buiten het stemhokje de kandidaten hadden plaats genomen, die de overeenkomstige plant in de hand hielden. De kiezers in grote getale opgekomen, in afwachting op de aanvang der verkiezingen"""

Postingan Populer

Entri yang Diunggulkan

Foto Grup Militer Belanda dan Indonesia di Garis Demarkasi tahun 1948

 Di balik gejolak sejarah kemerdekaan Indonesia, terselip kisah persahabatan yang tak terduga antara para prajurit dari dua kubu yang berset...

Postingan Populer

Facebook

 
Created By SoraTemplates | Distributed By Gooyaabi Templates